News

Warga Toari Dan Watubangga Gelar Lebaran Ketupat

Foto Suasana pantai Lamundre

KOLAKA,realitasultra.co.id
Seperti Biasanya pada lebaran ketupat ditahun-tahun sebelumnya dilaksanakan umat muslim Jawa Timur di Kecamatan Watubangga dan Toari dipastikan tujuh hari sesudah lebaran Idul Fitri.

Hal itu diungkapkan Yulianto salah seorang tokoh masyarakat muslim Jawa Timur yang ada di Kab Kolaka kepada media ini(9/6/19. Ia memastikan bahwa lebaran Ketupat merupakan tradisi warga Jawa Timur jatuh pada hari selasa (11/06/19) mendatang.

“Intinya lebaran ketupat ini dilaksanakan oleh sekumpulan umat muslim Jawa Timur yang berada di wilayah transmigrasi Kecamatan Toari,”kata Yulianto.

Yulianto juga mantan Kepala Desa(Kases) Wilayah Transmigrasi SP I pada era kepemimpinan H Buhari Matta lebaran ketupat telah dirayakan oleh umat muslim Jawa Timur.

Dikatakannya pencetus hari raya ketupat lebaran adalah H Samsul Hadi sejak tahun 1983 lalu, dan kegiatan ini dilakukan secara sakral secara berkelanjutan oleh warga Watubangga dan Toari sampai sekarang.
“Ketupat lebaran ini dilaksanakan oleh warga Watubangga dan Toari sebagai bentuk kebersamaan,”kata Yulianto.

Tempat pelaksanaan ketupat lebaran adalah pesisir pantai Desa Lamunde Kecamatan Watubangga, pantainya bersih dan tidak ada batu karang, juga aksesnya tidak jauh dari wilayah trans Kecamatan Toari.(melki)

error: @mercyfmkolaka