News

Wagub Sultra Buka MTQ ke-45 di Polinggona


KOLAKA,realitasultra.co.id—
Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Lukman Abunawas membuka secara resmi pelaksanaan pp Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kabupaten Kolaka ke-45 di Kecamatan Polinggona kemarin.
Sebelum pembukaan diawali dengan pawai ta’aruf semua peserta MTQ. Selanjutnya dilakukan pembukaan MTQ ditandai dengan penekanan tombol sirene bersama Wagub Sultra, Bupati Kolaka, Kakanwil Kemenag Sultra, Wabup Kolaka, Ketua DPRD Kolaka dan sejumlah pejabat lainnya.
Dalam sambutannya Wagub Sultra mengapresiasi kepada Pemkab Kolaka yang telah menyelenggarakan ivent keagamaan, apalagi di Kabupaten Kolaka merupakan gudang penghafal Alquran.
“Di Kolaka ini adalah gudang penghafal Alquran,”ungkap Lukman.
Sementara Bupati Kolaka Ahmad Safei dalam kesempatan itu berharap agar penyelenggaraan MTQ bukan hanya sekedar penguatan syiar Agama Islam, tapi juga sebagai barometer dalam mengukur hasil kegiatan pembelajaran Alquran yang selama ini berlangsung ditengah masyarakat Kolaka.
“Kita berharap pelaksanaan MTQ ini merupakan barometer untuk mengukur kegiatan pembelajaran selama berlangsung ditengah-tengah masyarakat,”harap Safei.
Ia menjelaskan dukungan tercapainya generasi penghafal Alquran, dilaksanakan program pengadaan 1.000 Taman Pengajian Alquran (TPA) yang tersebar di 12 kecamatan.
“Inilah yang menjadi cikal bakal lahirnya Pondok dan Lembaga Tahfidz yang menyebar hingga ke desa-desa, sekaligus mencetak santri berprestasi, mampu bersaing pada ivent tingkat nasional maupun internasional,” jelas Safei.
Lanjutnya prestasi demi prestasi yang telah ditorehkan anak-anak di daerah, tentu tidak membuat kita puas sampai disini. Tetapi bagaimana obesisi ini bisa mencapai kedunia internasional.
“Kita semua memiliki keyakinan suatu saat nanti dari pintu rumah-rumah umat Islam di Kolaka akan keluar anak-anak penghafal Alquran,”ungkap Safei.
Bupati juga memberikan wejangan kepada semua peserta MTQ agar berkompetisi dengan baik tetap menjunjung sportifitas, meluruskan niat berkompetisi dengan ikhlas mengharap ridha Allah.
Bupati juga berharap kepada para dewan hakim dan dewan juri, selamat menjalankan tugas dengan amanah dan penuh rasa tanggung jawab, dengan tetap menjunjung tinggi azas netralitas.
“Menang atau kalah, juga ada hadiah dan insentif pembinaan yang diberikan,”kata Bupati.
Sementara Panitia MTQ ke-45 Guntur Suhandoko dalam laporannya, peserta MTQ tingkat Kab Kolaka berjumlah 661 orang peserta dengan rincian, Kecamatan Iwoimendaa 57 orang, Wolo 48 orang, Samaturu 56 orang, Latambaga 44 orang, Kolaka 63 orang, Wundulako 65 orang, Baula 42 orang, Pomalaa 91 orang, Tanggetada 48 orang, Watubangga 39 orang, Toari 28 orang dan Polinggona selaku tuan tuan rumah 80 orang.
“MTQ ke-45 ini kan berlangsung mulai tanggal 9 hingga 17 Februari 2020,”kata Handoko juga selaku Ketua II panitia pelaksana.
(redaksi)

error: @mercyfmkolaka