News

Vale Segera Bangun Pabrik Nikel di Kolaka

PT. Vale


KOLAKA,realitasultra.co.id—
PT Vale Indonesia segera membangun pabrik pengolahan biji Nikel di Kab Kolaka kini progresnya semakin nampak.

Hal itu terbukti saat managemen perusahaan Vale Indonesia melakukan pertemuan dengan masyarakat di Desa Lamedai Kecamatan Tanggetada Kab Kolaka Sulawesi Tenggara kemarin difasilitasi oleh Pemda Kolaka.

Pertemuan antara masyarakat Desa Lamedai difasilitasi oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kolaka Muh Bakri, serta beberapa pejabat Pemda Kolaka, Muspika Kecamatan dan sejumlah petani sawah masyarakat Lamedai.

Bakri dalam memaparkan kepada masyarakat Lamedai menjelaskan pihak perusahaan Vale meminta izin kepada semua masyarakat petani sawah Lamedai rencananya untuk membangun bendungan dengan memanfaatkan tiga sungai mulai dari sungai Lamedai, sungai Oko-Oko dan sungai Lalonggolosua.

“Bendungan yang akan dibangun ini untuk pemenuhan kebutuhan air pabrik Nikel,”ungkap Asisten.

Menurut Bakri keinginan masyarakat Kolaka dan Pemerintah Kab Kolaka agar pihak Vale membangun pabrik Nikel itu sudah lama. Mudah-mudahan di tahun 2020 progres yang dilakukan Vale dalam membangun pabrik bisa berjalan dengan baik.

Sehingga dengan adanya pabrik Nikel Vale di Kolaka bisa menyerap tenaga kerja sehingga memberikan kesejahteraan bagi petani dan masyarakat pada umumnya.

Sementara Manager Vale Indonesia Misdar kepada wartawan menjelaskan bahwa tahap awal akan dilakukan oleh perusahaan adalah pembangunan bendungan rencananya akan dimulai pada April 2020 mendatang.

Dan akan berkelanjutan untuk pembangunan penambahan panjang pelabuhan(Jety) sepanjang 1,2 kilo meter eks pelabuhan milik perusahaan Sumber Setia Budi sudah ditakeover oleh perusahaan Vale.

“Jadi pembangunan bendungan ini bersamaan berjalan dengan pembangunan pelabuhan Jety,”kata Misdar.

Dikatakannya bahwa Presiden Joko Widodo sudah menegaskan kepada Gubernur Sultra Ali Mazi, sebelum masa jabatannya berakhir dirinya sudah harus melakukan pengguntingan pita peresmian pabrik Nikel Vale Indonesia.

“Jadi mudah-mudahan pembangunannya berjalan dengan baik, sebelum masa jabatan Jokowi berakhir pabrik sudah diresmikan,”ujar Misdar.
(redaksi)

error: @mercyfmkolaka