News

Tujuh Kecamatan Di Kolaka Locus Penilaian Kabupaten Sehat

Foto Wakil Bupati Kolaka pemaparan Potensi daerah


KOLAKA,realitasultra.co.id—Tujuh kecamatan di Kab Kolaka menjadi locus penilaian kabupaten sehat tingkat nasional tahun 2019.

Hal itu diungkapkan Harun Masirri Sekretaris Tim Verifikasi lapangan kabupaten sehat tingkat nasional 2019 saat melakukan ramah tamah dengan Pemda Kolaka di salah satu hotel di Kolaka kemarin malam.

Dalam laporannya Harun mengungkapkan bahwa kabupaten/kota sehat di Kab Kolaka tahun 2019, ada 9 indikator penilaian kabupaten/kota sehat diantaranya kawasan pemukiman yang dihuni oleh masyarakat, sarana dan prasarana umum, tatanan kehidupan masyarakat sehat mandiri dan kehidupan sosial yang sehat.

Dikatakannya tujuan kabupaten/kota sehat adalah suatu kondisi wilayah yang bersih, nyaman, aman dan sehat yang dihuni oleh masyaraka serta berbagai program kesehatan. Tentunya sejalan dengan visi misi Kabupaten Kolaka.

Penilaian kabupaten/kota sehat di Kabupaten Kolaka dari 12 kecamatan ada tujuh kecamatan yang menjadi locus penilaian mulai dari Kecamatan Pomalaa, Baula, Wundulako, Kolaka, Latambaga, Samaturu, dan Wolo
“Yang menjadi obyek penilaian adalah sarana dan prasarana pembangunan, kesehatan dan lingkungan,”ungkap Harun.

Sementara Wakil Bupati Kolaka H Muh Jayadin dihadapan tim verifikasi menggambarkan potensi sumber daya alam Kabupaten Kolaka.

Memiliki visi misi menjadi Kolaka maju, berkeadilan dan sejahtera.
Yang dijabarkan dalam kebijakan sembilan program prioritas utama pembangunan Kab Kolaka.

Selain itu kata Jayadin bahwa Kab Kolaka sudah melahirkan dua kabupaten yakni Kabupaten Kolaka Utara sudah berlangsung 15 tahun dan Kabupaten Kolaka Timur sejak sembilan tahun lalu.

Kabupaten Kolaka di tahun 2019 jumalah penduduknya sudah mencapai sekira 297.470 jiwa.

“Kita berharap verifikasi lapangan kabupaten/kota sehat di Kabupaten Kolaka bisa berjalan dengan baik, sehingga Kabupaten Kolaka bisa mempeoleh kabupaten sehat,”harap Jayadin.

Dihadiri Asisten II Setda Kolaka H Kasim Madaria, sejumlah Kepala OPD Pemda Kolaka, para Camat, Kepala Puskesmas, Direktur Blud Benyamin Guluh dr.Rafi, tim verifikasi, dan undangan.
(redaksi).

error: @mercyfmkolaka