NewsSwimming

Sang Pembuat Siaran Pers Kini Memasuki MPP


KOLAKA,realitasultra.co.id—
Salah seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) lingkup Sekretariat Pemda Kolaka namanya Kasbi Dara Manggarra. Bagi setiap jurnalis yang bertugas di Kab Kolaka, sosok seorang Kasbi tidak asing lagi.
Mengapa demikian Kasbi yang menjabat sebagai Kasubbag Dokumentasi dan Informasi Humas dan Protokoler Setda Kolaka sejak tahun 2004 lalu, sewaktu H Buhari Matta menjabat sebagai Bupati Kolaka.
Setiap agenda kegiatan Pemda Kolaka dilaksanakan di lapangan dan didokumentasikan oleh Kasbi, maka ia pun membagikan hasil kegiatan itu baik yang di upload melalui media sosial maupun melalui group WhatApp. Kadang dijadikan wartawan untuk diolah menjadi bahan berita.
Sejak tahun 2017 jabatan Kasubbag Dokumentasi dan Informasi nomenklaturnya berubah menjadi Kasubbag Humas Pimpinan Setda Kolaka sampai sekarang.
Kasbi lahir di Enrekang Sulsel pada 23 Oktober 1962, dikaruniai tiga orang anak satu putra dan dua putri serta empat orang cucu dari pasangan Asni (almarhum).
Menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) sejak 1 Januari 1982 langsung ditempatkan di Kantor Wilayah (Kanwil) Departemen Penerangan Kab Kolaka sejak tahun 1983.
Ditanya bagaimana ia memaknai suatu jabatan yang diembannya selama ini, menurutnya suatu jabatan baik itu jabatan yang tinggi maupun jabatan rendah, jabatan basah atau jabatan kering itu hanyalah suatu amanah dari pimpinan.
“Yang terpenting adalah keikhlasan melaksanakan jabatan itu sesuai dengan tufoksi jabatan itu,”ungkapnya.
Dikatakannya bahwa jabatan sebagai Kasubbag Pimpinan dan Pemberitaan Humas Setda Kolaka yang diembannya sampai sekarang itu bersentuhan langsung dengan media dan para jurnalis.
Menyangkut masalah pemberitaan baik di media cetak, media online maupun media televisi, untuk mempublikasikan tentang kegiatan pembangunan yang dilakukan oleh Bupati maupun Wakil Bupati Kolaka serta semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lapangan.
Sejak dirinya bertugas di Humas dan Protokoler Setda Kolaka sebagai Kasubbag sudah berlangsung bertahan-tahun.
Menurut Kasbi yang paling berkesan buat dia sejak H Buhari Matta sebagai Bupati Kolaka dirinya terjun langsung di lapangan mendokumentasikan kegiatan Pemda Kolaka yaitu program Demo Gerbangmastra. Hampir semua desa-desa di Kab Kolaka didatangi.
Selain itu ketika semua tanggung jawab tuntas dilaksanakan sesuai harapan pimpinan. Dan yang tak terlupakan ketika pak Buhari Matta disuruh untuk mengantarkan stick golfnya yang tercecer di jalan.
Kasbi yang mampu membangun komunikasi dengan semua media dan wartawan mulai dari kepemimpinan H Buhari Matta sebagai Bupati sampai sekarang di era kepemimpinan H Ahmad Safei bersama Wakilnya H Muh Jayadin sudah memasuki periode kedua kemitraan dengan semua wartawan berlangsung dengan baik, meskipun tidak terlepas dari dinamika.
“Alhamdulillah berita-berita selama ini yang disajikan oleh rekan-rekan wartawan betul-betul berimbang, meskipun itu sifatnya berita kontrol,”ujar Kasbi.
Ditanya bagaimana penilaian setiap karya jurnalistik yang disajikan oleh dari berbagai media yang ada di Kab Kolaka. Terutama media-media yang bermitra dengan Setda Pemda Kolaka.
Setahu saya berita-berita yang disajikan oleh rekan-rekan wartawan selama ini betul-betul memberikan informasi yang berimbang,”kata Kasbi.
Ia berharap kepada semua rekan-rekan wartawan yang ada di Kab Kolaka tetap menjaga Eksistensi nya menjalankan profesi jurnalistiknya secara profesional terutama dalam membangun hubungan dengan baik dengan Pemda Kolaka dan semua institusi yang ada di daerah ini.
(redaksi)

error: @mercyfmkolaka