News

Safei Kecewa Pengelolaan Dana Desa

Foto Bupati Kolaka


KOLAKA, realita Sultra.co.id—
Bupati Kolaka Ahmad Safei mengungkapkan kekecewaannya terhadap pengelolaan keuangan dana desa yang tidak tertib administrasi. Hal itu diungkapkan Safei dalam acara Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia Kab Kolaka (Apdesi) di salah satu hotel pada (10/9/2019).

Dikatakannya dalam satu tahun terakhir ini administrasi pengelolaan dana desa banyak yang belum lengkap. Padahal kata Bupati ia selalu menekankan dalam setiap pertemuan agar tiap-tiap desa melengkapi administrasi pengelolaan keuangannya.

Menurut Safei begitu bobroknya pengelolaan administrasi pemerintahan mulai dari administrasi kependudukan, pertanahan, bahkan masih banyak Kades yang tidak mengetahui luas wilayah dan batas desanya sendiri serta jumlah penduduknya.

“Jadi saya berharap agar Kades berbuat baiklah dihadapan masyarakat karena jabatan kita hanyalah sementara saja, maka jangan selalu mementingkan pribadi sebab Desa adalah ujung tombak Pemda dalam hal pembangunan, yang di perkuat dengan Undang-undang Desa No 6 tahun 2014,”harap Safei.

Acara pelantikan dan pengukuhan pengurus DPC Apdesi Kolaka ini ditandai dengan penyerahan petaka kepada ketua Apdesi terpilih, serta penandatanganan berita acara pelantikan oleh Ketua DPD Apdesi Provinsi, dan berakhir dengan penyematan Pin oleh Bupati Kolaka.

Sementara Kepala Dinas Pemerintahan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Kolaka kepada wartawan memiliki harapan dengan adanya kepengurusan Apdesi ini, agar nantinya para kepala desa dapat saling kordinasi dan berkolaborasi terkait dengan penggunaan dan pengelolaan Dana Desa.

“Harapan saya agar Kepala Desa saling bertukar pikiran dalam organisasi Apdesi ini dan juga para pengurus yang sudah dilantik agar melaksanakan tugas fungsi masing-masing pengurus sesuai dengan bidangnya,”katanya.

Dikatakannya, Apdesi adalah tempat berbincang untuk para Kepala Desa dalam memecahkan permasalahan dan saling berbagi informasi, untuk memajukan desa masing- masing hingga terciptanya persatuan dan kesatuan para Kades, dalam memajukan pembangunan Desa melalui program Dana Desa Pusat dan Alokasi Dana Desa Kabupaten Kolaka.

Dihadiri oleh Bupati Kolaka Ahmad Safei, Ketua DPRD Kolaka Parmin Dasir sejumlah pimpinan OPD, Ketua Umum Apdesi Pusat , unsur Pimpinan Apdesi Provinsi Sultra, para Camat dan Kepala Desa se-Kabupaten Kolaka.

Liputan  : melky
Editor    : redaksi

error: @mercyfmkolaka