News

Ramli Sima; Sakip Untuk Mengukur Kinerja Setiap OPD

KOLAKA,realitasultra.co.id—Kepala Bagian(Kabag) Organisasi Sekretariat Daerah(Setda) Pemda Kolaka Ramli Sima, dikonfirmasi media ini usai mengikiti Bimbingan Teknik(Bintek) Sistim Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah(Sakip) berlangsung di Auala Sasana Praja Pemda Kolaka kemarin.
Ramli menjelaskan pelaksanaan bintek Sakip ini dilaksanakan oleh Bappeda bersama Inspekrorat dan Bagian Organisasi Pemda Kolaka, tujuannya bagaimana metode penyusunan dokumen Sakip setiap OPD.
Selain itu kata Ramli Sakip ini untuk mengetahui sejauhmana akuntabilitas kinerja setiap OPD khususnya dalam lingkup Pemda Kabupaten.
“Jadi Sakip ini untuk mengetahui atau mengukur realisasi kinerja setiap OPD sebagaimana yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah(RPJMD) Kab Kolaka,”kata Ramli.
Selain itu Sakip juga untuk mengetahui sasaran dan indikator kinerja OPD yang menghasilkan output dan outcome dari pada kinerja setiap OPD.
“Jadi ukuran kinerja setiap OPD harus terukur dan hasil manfaat anggaran yang telah ada disetiap OPD apakah bermanfaat bagi masyarakat ataukah belum tercapai. Itulah tujuan dari bintek Sakip ini dilakukan dengan mendatangkan narasumber dari KemenPAN RB,”ujar Ramli.(redaksi)

error: @mercyfmkolaka