News

PLN Ranting Kolaka Sosialisasi Token Gratis


KOLAKA,realitasultra.co.id—PT.PLN Wilayah VII Sulawesi Ranting Kolaka Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan sosialisasi Token gratis, sambil membagi paket sembako bagi warga terdampak Covid-19.
Hal itu diungkapkan Manager Unit Layanan Pelanggan (ULP) PLN Kolaka Ramli kepada wartawan pada (17/4/20).
Ramli menjelaskan PLN sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara ini memberikan diskon sebesar 50 persen bagi 7.298 pelanggan Rumah Tangga (RT) RI/900VA bersubsidi untuk tiga bulan kedepan sejak bulan April, Mei hingga bulan Juni. Kecuali berkode RIM/900VA yang tidak mendapatkan diskon.
“Sampai saat ini ULP PLN Kolaka sudah berhasil menyediakan listrik gratis atau diskon terhadap pelanggan yang menggunakan tarif R1T.450 VA dan R1T.900 VA,”jelas Ramli.
Selanjutnya kata Ramli untuk pengisian pulsa atau token akan diperbaharui secara bertahap paling lambat hingga pertengahan April 2020 mendatang.
Ramli menguraikan token listrik gratis untuk pelanggan rumah tangga 450 VA dan RI/900VA bersubsidi mudah didapatkan dengan cara:
1.Buka Alamat www.pln.co.id kemudian masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus covid-19.
2.Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter. Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di Layar.
3.Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.
Cara menggunakan aplikasi melalui layanan WhatsApp, token listrik bisa didapatkan dengan cara ;
1.Buka Aplikasi WhatsApp.
2.Chat WhatsApp ke 08122-123-123, ikuti petunjuk, tekan angka satu (1) dan kirim ke nomor layanan WhatsApp yang tertera di atas, setelah itu mengikutin petunjuk selanjutnya, dan salah salah satunya masukkan ID Pelanggan.
3.Token gratis akan muncul
4.Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.
Sementara, untuk pelanggan rumah tangga 450 VA yang menggunakan KWH meter pascabayar, biaya rekening untuk bulan April akan langsung digratiskan. Kemudian pelanggan rumah tangga RI/900VA bersubsidi yang menggunakan kwh meter pascabayar, rekening yang harus dibayarkan pada setiap bulannya akan dikurangi 50 persen dari pembayaran normal setiap bulannya.
“Kami menyadari dengan situasi saat ini, baik listrik gratis ataupun diskon ini sangat dibutuhkan oleh saudara-saudara kita yang kurang mampu. Kami akan pastikan semua pelanggan yang berhak harus mendapatkan haknya,” tutur Ramli
Di ketahui dari jumlah pelanggan bersubsidi tahun ini, dengan tarif R1T daya 450 VA berjumlah 2.822 pelanggan, sedangkan jumlah pelanggan subsidi dengan tarif R1T 900 VA adalah 7.298 pelanggan.
Terkait masalah pembagian sembako kepada warga yang terdampak Covid-19, pihaknya melakukan pemotongan gaji karyawan sebesar 2,5 persen.
“Pengelolaannya kami serahkan kepada Yayasan Baitul Mall (YBM) untuk mengumpulkan sekaligus menyalurkan kepada yang membutuhkan,”ujarnya.
Sementara Ghea mengatakan bahwa dengan adanya program dari YBM untuk mengelolah pembagian sembako yang dipercayakan oleh ULP PLN Kolaka untuk menyalurkan ke masyarakat sebanyak 100 paket sembako.
“Kami membagikan 100 paket sembako kepada pelanggan PLN maupun masyarakat yang kurang mampu yang terdampak Covid-19,”kata Ghea.
(redaksi)

error: @mercyfmkolaka