News

Perusahaan Foundation Jepang Siap Membantu Pemda Kolaka

KOLAKA,realitasultra.co.id—Bupati Kolaka H Ahmad Safei ditemui media ini di ruang kerjanya kemarin dikonfirmasi terkait hasil kunjungan ke Jepang baru-baru ini atas undangan salah satu perusahaan foundation yang cukup maju di Jepang.
Bupati menuturkan beberapa hari lalu keberangkatannya ke Jepang bersama Kepala Dinas Kesehatan Harun Masirri, Kepala Dinas Sosial H Mustajab, Direktur Blud Benyamin Guluh dr Rafi dan Kabag Humas Protokoler Setda Kolaka Amri Jamaluddin.
Kedatangannya ke Jepang atas undangan salah satu perusahaan foundation yang cukup maju di Jepang. Saat di Jepang pihak perusahaan mengajak rombongan Bupati untuk meninjau lima rumah sakit yang dimilikinya perusahaan itu.
Dari hasil peninjauan di lima rumah sakit yang dimiliki oleh perusahaan foundation, Bupati menilai dari segi pelayanan di Jepanh khususnya pada rumah sakit itu, para petugas medis betul-betul mendedikasikan diri memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien dengan sepenuh hati.
“Petugas medis saat menjalankan tugasnya, tidak ada dokter atau pun perawat yang sedang main handphone, atau sedang negrumpi, para petugas medis betul-betul fokus saat sedang bertugas dalam memberikan pelayanan kepada pasien,”kata Safei.
Menurutnya sangat berbeda dengan di daerah kita, kadang petugas medis dalam melayani masyarakat(pasien), bukannya pasien itu cepat sembuh tapi justru kadang malah tambah sakit, akibat petugasnya dalam menghadapi pasien kurang ramah apalagi kalau sambil marah-marah.
“Sehingga pelayanan seperti itu justru pasien malah tambah sakit, belum lagi memikirkan berapa biaya perawatannya,”ujar Bupati.
Dikatakannya bahwa di Jepang masyarakat yang sakit itu sepenuhnya ditanggung oleh negara.
“Jadi kalau ada masyarakat yang sakit, tinggal datang ke rumah sakit penyakit apa yang dialami, petugas medis melayani sampai sembuh. Kalau namanya memanusiakan manusia, di Jepanglah betul-betul nampak terkait hal itu,”kata Bupati.
Menurut Bupati bahwa apa yang perlu dipetik dari hasil kunjungan ke Jepang waktu lalu khususnya terkait masalah pelayanan kesehatan kepada masyarakat perlu dicontoh adalah dedikasi yang tinggi, dengan sepenuh hati dalam melayani masyarakat, inilah yang patut kita contoh kepada mereka,”kata Bupati.
Dikatakannya pihak perusahaan foundation secara prinsip menawarkan kepada Bupati untuk memberikan bantuan sepenuhnya khususnya menyangkut masalah peralatan medis.
Tetapi dengan syarat pihak Pemda Kolaka harus membantu mengurus izin di Kementrian Kesehatan. Selain kesiapan untuk memberikan bantuan peralatan medis, pihak perusahaan foundation juga siap menerima tenaga medis dari Kolaka sebanyak 20 orang untuk datang belajar di Jepang.(redaksi)

error: @mercyfmkolaka