News

Penilaian Lomba P2WKSS di Ranosangia


KOLAKA,realitasultra.co.id—
Penilaian lomba Peningkatan Peranan Wanita Wanita Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) berlangsung di Desa Ranosangia Kecamatan Toari Kab Kolaka kemarin.
Tim penilai lomba program terpadu P2WKSS tingkat Sulawesi Tenggara (Sultra) di ketuai oleh Andi Tenri Rawe Silondae Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Sultra.
Penilaian lomba di Hadiri Wakil Bupati Kolaka Muh Jayadin beserta seluruh jajaran pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) para Camat dan Kepala Desa (Kades) serta aparaturnya.
Dalam kesempatan itu Jayadin mengapresiasi kehadiran dan antusias masyarakat Desa Ranosangia yang menyambut tim penilai dengan tarian daerah, kuda lumping serta beberapa atraksi lainnya.
“Saya selaku pimpinan daerah Kabupaten Kolaka berharap agar lomba ini jangan dijadikan ujung dari kegiatan, tetapi hal ini harus berkelanjutan dengan merawat dan menjaga serta mengembangkan apa saja yang sudah tertata di Desa Ranosangia ini,”harap Jayadin.
Di katakannya, persiapan sudah dilakukan sejak Februari 2019 lalu, alasan kenapa harus di Desa Ranosangia, karena desa ini adalah desa yang terbelakang serta terisolir sesuai data Statistik.
Selanjutnya, Andi Tenri Arawe Silondae selaku Ketua tim dalam dalam kesempatannya membacakan sambutan Gubernur Sultra, menyampaikan permohonan maaf dengan tidak hadirnya Gubernur, sebab ada rapat penting membahas persiapan penyambutan hari Pangan Nasional yang direncanakan akan dilaksanakan kegiatannya di Propinsi Sultra dalam waktu dekat ini.
“Pak Gubernur ada rapat penting terkait persiapan akan dilaksanakannya Hari Pangan Nasional di Kendari, dan beliau berpesan akan berusaha hadir berkunjung ke Desa Ranosangia di waktu mendatang”,ucapnya.
Ditambahkannya, bahwa perjalanan ke Desa Ranosangia ini awalnya begitu melelahkan, namun semua itu terbayar dengan pesona alam sepanjang perjalanan di kecamatan Toari yang memukau sumber daya alamnya.
“Semoga usai perlombaan ini, Desa Ranosangia akan menjadi Desa yang maju berkembang, apalagi nampak sumber listrik dan fasilitas pendidikan yang sudah memadai,”kata Tenri.
Diketahui bahwa penilaian lomba P2WKSS ini sudah terlaksana pada empat Kabupaten, dan akan di lanjutkan ke kabupaten lainya se Sultra, selanjutnya akan di evaluasi oleh tim dan akan di umumkan pemenangnya pada Desember 2019 mendatang.
Sementara Kepala Desa Ranosangia Ardi mengapresiasi kepada Pemda Kab Kolaka bahwa dengan ditunjuknya desanya mewakili Kabupaten Kolaka dalam penilaian lomba P2WKSS sehingga adanya bantuan dan penataan lingkungan serta perbaikan 100 rumah warga dan berbagai pelatihan oleh beberapa dinas terkait, sehingga wajah Desa Ranosangia nampak indah dan tertata rapih.
(melky/redaksi)

error: @mercyfmkolaka