News

Pemda Kolut Sosialisasi Bayar Pajak Berbasis Online

Foto Sosialisasi Pembayaran Pajak Sisitim Online


KOLUT, realitasultra.co.id—  Pemerintah Daerah (Pemda) Kolala Utara (Kolut) melakukan sosialisasi uji coba untuk membayar pajak melalui sistim online. Sosialisasi ini dilaksanakan di Aula Pemda Kolut lantai III oleh Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) dan Bank Sultra Kolut.
Sosialisasi pembayaran pajak berbasis online tujuannya untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kolut dari sektor pajak dan retribusi daerah yang telah dituangkan melalui Peraturan Bupati (Perbup) Kolut.

Dalam kesempatan itu Kepala Bagian Pemasaran Jasa Elektronik Bank Sultra, Faizal Munir mengungkapkan untuk mengoptimalkan PAD di daerah pihaknya bekerja sama dengan Bapenda akan menerapkan sistem alat rekam pajak online jenis Transaction Monitoring Device(TMD) bagi wajib pajak yang sudah memiliki aplikasi sistem sendiri dan MPOSS.
Untuk wajib pajak guna memudahkan pemantauan penerimaan PAD dalam setiap transaksi 10 persen di Hotel Restoran atau rumah makan.

“Ada tiga jenis alat untuk transaksi tetapi Kolut pakai jenis MPOSS yang terhubung langsung ke jaringan Telkomsel yang terpantau oleh sever dan terminotoring oleh Komisi Pemberantasan Korupsi(KPK),“kata Faisal.
Dikatakan langkah awal penerapan uji coba sistem pembayaran sistim online sedikitnya ada 10 hotel dan 20 rumah makan.
Penerapan pembayaran pajak sistim online diterapkan di semua kabupaten/kota se Sultra.

“Sekarang kita sudah mulai melakukan pemasangan alat dan diperkirakan akhir September 2019 sudah bisa beroperasi secara normal, “ujarnya.

Dikatakannya perubahan sistem penarikan pajak ini sangat penting karena harus menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi. Dan penerapan sistim ini memberikan keuntungan kedua belah pihak antara pemerintah dan masyarakat.
“Sistim ini begitu diapresiasi oleh wajib pajak karena cukup efisien dan efektif, “ujarnya.

Sementara Kepala Bapenda Kolut, Jiding menghapkan kedepannya alat itu dapat diinplementasikan sesuai dengan ketentua agar dapat mengoptimalisasikan pendapatan daerah.
“Kita harapkan wajib pajak atau pelaku usaha bisa betul-betul memahami dan mengoperasikan alat itu untuk meningkatkan PAD kedepan,“harapnya.

Sosialisasi dihadiri Wakil Bupati Kolut H Abbas, Kepala Inspektorat, Kepala Bapenda, Kasat Pol PP serta sejumlah pemilik hotel dan rumah makan serta pengusaha lainnya.
(kahar/redaksi)

error: @mercyfmkolaka