News

PDAM Kolaka Menanti Dirut Baru


KOLAKA,realitasultra.co.id—
Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kolaka menanti Direktur Utama (Dirut) yang baru, setelah sekian lama dipimpin oleh seorang Pelaksana tugas (Plt) Dirut.
Sekretaris Panitia Seleksi(Pansel) Hj Mineng Nurmaningsih ditemui media ini di ruang kerjanya mengungkapkan calon Dirut PDAM Kolaka yang baru tinggal menunggu keputusan Bupati Kolaka H Ahmad Safei.
“Kita tinggal menunggu pak Bupati untuk menandatangani surat keputusan calon Dirut PDAM yang baru, karena beliau masih sementara tugas luar daerah,”ungkap Mineng.
Ia menjelaskan setelah Pansel sudah bekerja dengan melalui semua tahapan, ada empat orang yang sudah mengikuti semua tahapan seleksi, yaitu Ruslan, Yogi Sidupa, Murni Jaelani, dan Hadi Suryati Ningsih,
Keempat orang ini kata Mineng juga sudah selesai mengikuti tes uji kelayakan di DPRD Kolaka. Hasil uji kelayakan keempat calon Dirut ini diserahkan kembali kepada Bupati Kolaka.
“Jadi keempat calon yang sudah selesai mengikuti tes uji kelayakan di DPRD Kolaka dengan hasil perengkingan masing-masing, dikembalikan lagi kepada Bupati sebagai penentu siapa yang akan ditetapkan sebagai Dirut PDAM dari empat orang itu,”jelas Mineng.
Meski demikian Mineng juga memiliki harapan yang memimpin PDAM Kolaka kedepan adalah orang yang betul-betul memahami terhadap persoalan dan kondisi PDAM.
Ruslan salah seorang kandidat calon Dirut PDAM Kolaka, pada saat mengikuti seleksi lalu dihadapan Pansel telah memaparkan bagaimana menjadikan PDAM Kolaka dengan sistim digitalisasi khususnya meteran setiap pelanggan.
Dengan sistim digital petugas tidak lagi melakukan pencatatan manual terhadap meteran pelanggan, tetapi hanya dengan menggunakan HP Android.
Selain itu kata Ruslan dengan sisitim digital juga dapat mendeksi setiap ada jaringan pipa yang rusak atau bocor dengan melalui monitoring foto satelit. Sehingga pelayanan kepada semua konsumen berjalan secara efektif.
“Metode ini sudah dilakukan disejumlah Kabupaten seperti halnya DI Pemda Maros Sulsel,” kata Ruslan.
Bahkan di tahun 2021 mendatang Ruslan optimis PDAM Kolaka sudah bisa memberikan kontribusi kepada Pemda Kolaka.
Dan menargetkan setiap tahun bisa melayani penyambungan kepada masyarakat sampai seribu pelanggan.
“Tahun 2021 kami optimis bisa melayani seribu pelanggan, bahkan sudah bisa memberikan kontribusi kepada Pemda Kolaka,”kata Ruslan optimis.
Sementara kandidat lainnya Yoji Sidupa, Murni Jaelani dan Suryati Ningsih juga berupaya meyakinkan kepada tim penguji, berkomitmen bagaimana membenahi managemen di perusahaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) itu menjadi perusahaan yang sehat.
Mulai dari persoalan managemen keuangan, personalia, dan managemen teknik di lapangan agar pelayanan kepada masyarakat akan kebutuhan air bersih bisa terlayani dengan baik.
“Saya berjanji untuk menjadikan PDAM menjadi perusahaan pelayanan publik yang sehat,”tegas Yogi Sidupa.
(redaksi)

error: @mercyfmkolaka