GadgetsNews

Armansyah, SE ; Kementrian ESDM Tindak Lanjuti MOMS Di Daerah

KOLAKA,REALITA—Direktur PD Aneka Usaha Armansyah kepada realita mengungkapkan terkait masalah Minerba Online Monitoring System(MOMS) dan E-Penerima Negara Bukan Pajak (PNBP), pihak Kementrian ESDM telah menegaskan agar Pemerintah Daerah dalam hal Dinas ESDM Pemprov Sultra dapat menindak lanjuti persoalan MOMS kepada setiap perusahaan pertambangan di Sultra.

Kementrian ESDM Pusat telah menegaskan kata Armansyah bahwa setiap pengusaha tambang harus patuh terhadap kebijakan pemerintah. Dengan mendaftar melalui aplikasi kemudian menginput data setiap hari terkait produksinya. misalnya ekspornya tujuan kemana dan siapa yang membeli.

“jadi dengan adanya produksi setiap hari yang dilakukan oleh perusahaan tambang, sehingga dapat dimonitoring oleh secara nasional oleh Kementrian ESDM. Dan kalau hal ini tidak dilakukan maka pihak Kementrian akan menindak tegas bagi setiap perusahaan bahkan ancamannya dicabut IUPnya,”kata Arman saat mengikuti acara di Kementrian ESDM baru-baru ini.

Oleh sebab itu ia Kementrian berharap tingkat Kabupaten dan Provinsi juga melakukan hal yang sama. Pasalnya pemerintah setempat memiliki kewenangan terkait Izin Usaha Pertambangan (IUP), termasuk soal menginput data dan melaporkannya masing-masing.

Pihak Kementrian mengaku input data tambang belum merata di Indonesia. “Kalau pusat semua datanya lengkap diekspor kemana, misalnya batubara dan mineral dapat diketahui. Karena itu akan berkaitan dengan pembayaran masalah royalty dan PNBP.

“Jadi ada 80 persen royalti diterima kembali pemerintah daerah, dan PNBP 50 persen berasal dari Kementrin ESDM,”kata Arman menirukan ungkapan Kemenetrian.

Kementrian menyampaikan bahwa inspektur tambang yang berjumlah seribuan orang di Indonesia juga diharuskan bisa meyakinkan daerah soal IUP. Sehingga pengusaha tambang bisa menginput data tambang setiap hari.  “Jadi kita sebagai pengusaha tambang diharuskan untuk menginput data setiap hari melalui MOMS,”ujar Armansyah.(redaksi)

error: @mercyfmkolaka