News

Kadis PU Juara Umum PKN

Foto Kadis PUPR juara umum disusul Kadis Pariwisata Juara II pada PKN tingkat II angkatan IX digelar oleh Puslatbang LAN Makassar


KOLAKA,realitasultra.co.id—
Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kab Kolaka Dwi Dharma terpilih sebagai juara umum Pendidikan Kepemimpinan Nasional (PKN) yang digelar oleh Puslatbang KMP Lembaga Administrasi Negara (LAN) Makassar.
Prestasi yang diraih Dwi Dharma sebagai juara umum telah berhasil menyelesaikan pendidikan dalam PKN Angkatatan IX cukup mengharumkan nama Kab Kolaka dalam skala nasional.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Ahmad Yani juga meraih peringkat dua dalam PKN angkatan ke-IX dilaksanakan oleh Puslitbang LAN Makassar diikuti oleh 58 peserta seluruh Indonesia.

Acara PKN digelar selama empat bulan sejak 4 Mei hingga 6 September 2019, dari 58 peserta seluruh Indonesia, Kadis PUPR Kab Kolaka Dwi Dharma berhasil meraih juara umum sangat memuaskan dengan predikat Cumlaude.
“Patut kita acungkan jempol seorang putra Kolaka bisa meraih prestasi dalam PKN dengan skala nasional, “kata Yani.

Selain meraih peringkat akademik terbaik, Inovasi proyek perubahan dari Dwi Dharma yakni “Kolaka Smart Drain” artinya sistem pengawasan dan pengelolaan drainase berbasis lingkungan, dengan penggunaan aplikasi smartphone, Kadis PUPR Kab Kolaka berhasil meraih posisi puncak dengan predikat “The Best 4.0 Reformer” nantinya akan diikutkan dalam lomba inovasi tingkat nasional di Kementerian PAN-RB.
“Alhamdulillah, ini semua berkat dukungan Pak Safei selaku Bupati Kolaka yang selalu memberi motivasi, kesempatan dan waktu secara penuh dalam mengikuti seluruh agenda pendidikan kepemimpinan ini, “ujar Yani.
Selain itu, kata Yani juga berterima kasih kepada Sekda Kolaka H Poitu Murtopo senantiasa memberikan motivasi dan dukungan, Kepala BKSDM beserta seluruh staf pegawai Dinas PUPR juga turut memberikan support atas kegiatan ini cukup menyita energi, bekerja siang malam tanpa mengenal waktu.
Termasuk dukungan yang diberikan oleh IT Diskominfo Pemda Kolaka.
“Ini asset SDM Daerah yang perlu kita apresiasi mensupport inovasi dari OPD untuk bisa berkompetisi di ajang nasional, “kata Yani.
Lanjutnya Kolaka Smart Drain juga didukung penuh oleh teman-teman jurnalis, LSM, OKP dan tokoh masyarakat yang selalu mendorong prestasi anak daerah di kancah nasional.

Sementara, Kepala Pusat Pelatihan dan Pengembangan (Litbang) dan Kajian Managemen Pemerintahan Lembaga Administrasi Negara (LAN) Kota Makassar, Andi Taufiq memuji peserta PKN tingkat II angkatan IX sebagai Angkatan yang paling kompak dan inovatif adaptive.

Menurutnya, peserta PKN tingkat II angkatan IX ini mampu menorehkan predikat ‘cumlaude’ hingga 13 orang.
“Angkatan ini paling bagus. Sebelumnya yang bisa meraih predikat sangat memuaskan hanya sampai 10 orang, sekarang tembus 13 orang,”kata Taufiq.

Menurut Taufiq bahwa ini merupakan sejarah baru karena pertama kalinya peringkat I dan II semuanya diraih oleh Kabupaten Kolaka dan satu angkatan.
“Ini merupakan sejarah baru juara umum dan juara II diraih sama-sama dari Kolaka dan satu angkatan pula,”ujar Taufiq.
Taufiq berharap agar peserta PKN dari Kolaka akan datang juga bisa mengikuti prestasi yang sudah ditorehkan pendahulunya.
(redaksi)

error: @mercyfmkolaka