News

Kadis Kesehatan Harun Masirri; Stunting Masalah Nasional

KOLAKA,realitasultra.co.id—Kepala Dinas Kesehatan(Dinkes) Kab Kolaka Harun Masirri, mengungkapkan bahwa persoalan stunting adalah masalah nasional.
Dalam materinya Harun menjelaskan stunting adalah suatu kondisi dimana tinggi badan seseorang lebih pendek dibandingkan dengan tinggi badan yang seusianya atau mengalami pertumbuhan kerdil.
Salah satu penyebab anak mengalami pertumbuhan kerdil karena faktor gizi buruk yang dialami oleh ibu hamil maupun anak balita.
Hal itu disebabkan kurangnya pemahaman oleh ibu mengenai kesehatan gizi sebelum maupun saat hamil dan setelah melahirkan. Selain itu penyebabnya karena terbatasnya pelayanan kesehatan terhadap ibu selama masa kehamilan.
Ungkap Harun saat menyampaikan materinya masalah stunting berlangsung di aula kantor Kecamatan Toari kemarin. Dalam pelaksanaan Pelatihan Pengembangan Sumber Daya Manusia(PSDM), dengan tema “Konvergensi dan Pencegahan Stunting” yang dilaksankan oleh Tim Pendamping Inovasi Desa(TPID).
Lanjutnya bahwa pencegahan konvergensi penanganan stunting dilakukan melalui seribu Hari Pertama Kelahiran(HPK), termasuk pemberian asupan gizi pada ibu hamil, serta menjaga kebersihan lingkungan yang sehat.
Selain itu Harun menjelaskan stunting juga erat kaitannya dengan masalah kemiskinan, sehingga mengakibatkan kurangnya asupan gizi, terhadap ibu hamil dan anak, masalah penyakit, pendidikan, kondisi lingkungan dan sanitasi yang kurang baik, serta keamanan pangan dan gizi.
“Karena itu penanggulangan stunting memerlukan kerja sama lintas sektor, lintas disiplin serta lintas pelaku,”jelas Harun.
Acara dihadiri oleh Kades bersama aparatnya, dan peserta Kader Pembangunan Manusia(PKM), bidan tenaga Medis Gemari serta kader posyandu se-Kecamatan Toari.(melky/redaksi)

error: @mercyfmkolaka