News

Hiqmah; Harap Warga Awasi Penggunaan Dana Desa

Foto Kades Desa Horongkuli bersama istri


KOLAKA,realita sultra.co.id—Kepala Desa Horongkuli Kecamatan Toari Kab Kolaka Sultra Hiqmah menjelaskan di tahun 2019 dana desa dari Kementrian Desa Pembangunan Daerah tertinggal dan Transmigrasi(Kemendes PDTT) mencapai Rp 790 juta lebih. Desa Horongkuli memiliki empat dusun dan 205 Kepala Keluarga(KK) dan jumlah penduduk 730 jiwa .

Dikatakannya dalam menggunakan dana desa dirinya terus menggenjot pembangunan infrastruktur serta pemberdayaan masyarakat, sebab penggunaan dana desa sudah jelas peruntukannya pada peningkatan kesejahteraan masyarakat .

Selain itu juga ditambah dengan Alokasi Dana Desa(ADD) yang di gelontorkan oleh Pemerintah Kabupaten Kolaka dapat mengimbangi pembiayaan penyelengaraan Pemdes pembangunan taman desa, kegiatan pembinaan pemuda dan karang taruna serta kegiatan kebudayaan dan keagamaan, termasuk pembangunan dan pengadaan peralatan internet desa.

“Penggunaan DD dan ADD jelas peruntukannya sesuai tercantum dalam APBDes adalah hasil musyawarah tingkat dusun dan tingkat desa, semuanya usulan warga yang menjadi skala prioritas pembangunan serta pemberdayaan masyarakat,”ujar Hiqmah.

Dikatakannya bahwa pada tahap pertama dan kedua pencairan dua puluh persen DD, Pemdes telah membangun pekerjaan dua unit Deuker Plat dan pembangunan satu lokal bangunan Bumdes Mart, gedung TPQ, pengadaan Saluran Pembuangan Akhir Limbah(SPAL) yang bertujuan untuk menanggulangi stunting serta bantuan rumah tidak layak huni bagi warga kurang mampu sebanyak sembilan rumah.

“Kalau untuk drainase dan deuker plat serta bedah rumah itu sudah dikerjakan setiap tahunnya, namun bangunan Bumdes mart skala prioritas tahun ini,”kata Kades.

Lanjutnya ini adalah bagian dari peningkatan Inovasi Desa agar nantinya dapat menampung hasil kreatifitas dan produk unggulan masyarakat desa atau usaha kecil menengah, hingganya dapat dipasarkan melalui toko Bumdes mart ini.

Begitupun halnya dengan pengadaan lampu jalan, bantuan perikanan kelautan berupa empat unit mesin katinting, serta pengadaan bantuan pertanian yaitu 125 zak pupuk untuk tanaman Kelapa, Jambu dan Kakao.

“Jadi saya berharap kepada seluruh masyarakat agar dapat mengawasih dan memberikan masukan, saran dan kritik terhadap penggunaan DD dan ADD Horongkuli,”harap Hiqmah.
(melky/redaksi)

error: @mercyfmkolaka