News

FWKP Kolaka Buka Posko Bantuan Covid-19


KOLAKA,realitasultra.co.id—Para jurnalis media cetak, elektronik, dan online di Kabupaten Kolaka yang tergabung dalam Forum Wartawan Kolaka Peduli (FWKP) membuka Posko khusus bantuan bagi masyarakat terdampak Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).
Ide untuk membentuk FWKP mengalir begitu saja ketika para jurnalis setiap hari berkumpul di warkop Roemah Kajoe tepat berhadapan dengan kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sebagai Posko Gugus Tugas (Gustas) Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Kolaka Sulawesi Tenggara. (Sultra) diluncurkan pada (21/4/2020) sore.
Salah seorang anggota FWKP Eliazer Alex Tato mengungkapkan, Posko bentukan jurnalis merupakan wujud kepedulian pekerja pers pada keterpurukan sebagian keluarga yang terkena dampak melemahnya perekonomian di daerah.
“Kami prihatin banyak yang terkena dampak pandemi Covid-19. Sebagian besar diantaranya berasal dari keluarga kurang mampu yang sangat bergantung pada aktivitas lapangan seperti ojek, pekerja serabutan, atau mereka yang sehari – hari mengandalkan kerja pisik,”kata Eliazer usai rapat pembentukan FWKP.
Mantan Kepala Biro Kolaka menegaskan selain terpanggil untuk meringankan beban hidup keluarga terdampak Covid-19, dengan terbentuknya FWKP merupakan momentum bagi masyarakat memiliki kemampuan ekonomi/financial untuk menyalurkan bantuannya.
“Di Kolaka ini terlalu banyak kaya, tapi mungkin mereka tidak tahu berbuat bagaimana dan dimana harus menyalurkannya. Makanya kami menyediakan wadah bagi mereka, yang terpanggil dan selanjutnya kami akan menyalurkannya kepada mereka yang membutuhkan,”tegas Eliazer jurnalis Publik Satu.
Terkait jenis bantuan yang akan diterima, Eliazer memastikan FWKP tidak akan membatasinya.
“Kami sedapat mungkin tidak akan membatasi jenis atau bentuk sumbangannya, bisa dana tunai, bisa dalam bentuk natura seperti sembako atau masker,” ujar Eliazer.
Bagi mereka yang terpanggil untuk menyumbangkan bantuan, Eliazer mempersilahkan warga untuk datang langsung ke Posko depan kantor BPBD Kolaka, atau dapat juga menghubungi tim yang sudah ditunjuk.
“Semua nama pribadi atau organisasi maupun perusahaan penyumbang akan kami catat dan selanjutnya dipublikasikan secara terbuka melalui media cetak setiap hari. Ini sebagai bentuk keterbukaan publik agar semua orang bisa mengetahuinya,”ujar Eliazer mantan jurnalis Kendari Pos.
(redaksi)

error: @mercyfmkolaka