News

Forum Pemerhati Cengkeh Minta; *Pembelian Cengkeh Dialihkan Ke Perusda

KOLAKA,realitasultra.co.id—Forum Pemerhati Cengkeh Kab Kolaka melakukan aksi unjuk rasa di gedung DPRD Kolaka baru-baru ini.

Salah satu tuntutan forum adalah bagaimana memanfaatkan Badan Usaha Milik Daerah(BUMD) Perusahaan Daerah(PD) Aneka Usaha milik Pemda Kolaka diberikan kewenangan untuk mengambil alih pembelian cengkeh.

Forum yang dikordinir oleh Fajar Malik menilai bahwa dengan kewenangan yang diberikan kepada PD Aneka Usaha dalam hal pembelian cengkeh di Kab Kolaka maka tentunya dari sisi harga tidak merugikan petani serta dapat menciptakan perluasan lapangan kerja bagi perusahaan daerah.

Komisi II DPRD Kolaka menerima massa Forum Pemerhati Cengkeh, dalam pertemuan itu salah seorang anggota Komisi II, Rusman merekomendasikan kepada Pemerintah Daerah agar memberdayakan Perusahaan Daerah untuk ikut andil menekan harga cengkeh di pasaran.

“Jadi memang perlu Perusda dilibatkan, agar mereka yang membeli cengkeh dari petani,” kata Rusman.

Untuk ia berharap kepada Pemda Kolaka agar memberikan modal awal ke Perusda supaya bisa membeli cengkeh petani.

“Jadi ini adalah salah satu solusi untuk menekan biaya operasional petani termasuk dalam memberikan pupuk,”harap Rusman

Dan tuntutan pihak Forum ini akan kami sampaikan langsung kepada Bupati Kolaka Ahmad Safei. Mudah-mudahan aspirasi forum ini bisa disahuti oleh Pemda.
Sehingga pembelian cengkeh petani bisa dilakukan oleh pihak Perusda, agar permasalahan petani khususnya petani cengkeh bisa memperoleh harga yang tidak selalu fkuktuatif.

“Perusda ini kan Badan Usaha Milik Daerah, diharapkan bisa membawah angin segar bagi petani cengkeh,”harap Rusman.(redaksi)

error: @mercyfmkolaka