News

Dua Orang Anggota Polres Kolaka, Ciptakan Alat Pembakaran Sampah Portable


KOLAKA,realitasultra.co.id—
Dua orang anggota Polres Kolaka Bripka Sugianto HUTKRI Bhabinkamtibmas Desa Tamborasi Polsek Wolo, bersama dengan Kaur Identifikasi Satuan Reskrim Polres Kolaka Aipda Sudarman HP berkolaborasi melakukan suatu inovasi dengan membuat dan mempraktekkan alat pembakaran sampah portable “B26/18”.
Inovasi ini langsung dilakukan ujicoba di obyek wisata alam Tamborasi pada (2/1/2020).
Munculnya ide dua orang anggota Polres Kolaka bagaimana menangani masalah sampah dari setiap pengunjung di obyek wisata alam Tamborasi.
Apalagi akhir-akhir ini menjelang akhir tahun pengunjung obyek wisata Tamborasi cukup meningkat. Sehingga volume sampah juga cukup meningkat. Hal itu diungkapkan Bripka Sugianto melalui siaran persnya kepada media ini (2/1/2020).
Sugianto menjelaskan bahwa alat pembakaran sampah portable B26/18 berhasil dibuat dan dipraktekkan dengan membakar sampah organik dan sampah non organik maupun sampah basah. Ukuran tabung penampungan tinggi 75 Cm dan diameter 40 Cm dapat membakar sampah sebanyak satu meter kubik dalam waktu sekira 30 menit dengan sisa pembakaran tidak mencapai satu persen.
Tabung portable B26/18 dapat dibuat dari bahan sederhana seperti tabung bekas ukuran 12 Kg dan seng bekas yang dibantu dengan blower dan hanya membutuhkan tenaga listrik 12 Volt.
Sugianto berharap alat pembakaran sampah ini dapat dijadikan solusi dalam mengatasi persoalan sampah.
“Kami berharap ini dapat menjadi solusi dalam menangani masalah sampah, karena sampah bukan hanya isu nasional melainkan isu internasional, “ungkap Sugianto.
(redaksi)

error: @mercyfmkolaka