News

Dr H Azikin Jaga Kwalitas Pangan; Ketapang Programkan Kawasan Pangan Organik Terpolah


KOLAKA,realita Sultra.co.id—
Dr H Azikin baru saja beberapa pekan usai dilantik sebagai Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) Pemda Kolaka, melakukan terobosan untuk menciptakan program kawasan pangan organik terpolah. Hal itu diungkapkan saat media ini menyambangi di ruang kerjanya kemarin.
“Kita berupaya ciptakan inovasi baru membuat suatu kawasan pangan organik yang terpolah, agar kwalitas pangan kita semakin baik dan sehat,”ungkap Azikin.
Ia menjelaskan dengan membuat kawasan pangan organik yang terpolah tujuannya untuk menciptakan pangan berkualitas, berisi dan sehat dikomsumsi masyarakat.
“Jadi kita berupaya untuk mengurangi penggunaan pupuk yang mengandung pestisida diganti dengan penggunaan pupuk organik,”jelas Azikin.
Diakuinya bahwa selama ini para petani sudah dianjurkan untuk pemakaian pupuk organik tetapi itu sifatnya masih spot-spot. Tetapi sekarang sudah harus ada terobosan bagaimana menciptakan kawasan pangan organik secara terpolah disetiap wilayah kecamatan, mulai dari wilayah Kolaka bagian selatan sampai wilayah utara.
Dikatakannya pihaknya sudah mulai turun lapangan untuk melakukan survei serta makukan sosialisasi kepada masyarakat petani. Untuk mencari lahan masyarakat atau lahan pemerintah yang cocok untuk mengembangkan tanaman organik, karena harus didukung oleh sumber air.
“Jadi sekarang saatnya kita harus merubah pola fikir masyarakat untuk melakukan perubahan pemakaian pupuk kimia menjadi pupuk organik.
Diakuinya bahwa memulai suatu terobosan memang tidak semudah membalikkan telapak tangan, tetapi itu membutuhkan pendekatan-pendekatan kepada semua pihak.
Azikin menjelaskan dalam menciptakan kawasan pangan organik terpolah, pihaknya akan memulai dengan sayur-sayuran lebih dulu. Dengan hasil pangan organik dikomsumsi oleh masyarakat tentunya asas manfaatnya lebih sehat dan bergizi, serta nilai jualnya juga tentunya lebih tinggi.
Setelah asas manfaat dari sayur-sayuran organik dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, maka selanjutnya akan dikembangkan dengan komoditi-komoditi lain.
“Kami akan menjadikan suatu kawasan percontohan lebih dulu dibeberapa wilayah seperti di Watubangga, Wundulako, Samaturu dan Wolo,”kata Azikin mantan Kadis Pertanian Hortikultura.
Diatanya terkait ketahanan kondisi pangan saat ini dalam keadaan musim kemarau. Dikatakannya saat ini Kab Kolaka satu tahun kedepan kondisi pangan Kolaka masih tetap aman. Meski demikian mengakui produksi beras petani dalam keadaan musim kemarau ada penurunan, tetapi penurunan ya tidak signifikan.
“Saat ini memiliki stock pangan sampai 23,25 ton bahan makanan artinya semua komsumsi makanan satu tahun kedepan masih aman,”kata Azikin mantan Kepala Balitbang Pemda Kolaka.
(redaksi)

error: @mercyfmkolaka