News

Diskop dan Kadin Kembangkan UKM Meambo Mart


KOLAKA,realitasultra.co.id—
Dinas Koperasi Kab Kolaka bersama organisasi Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kolaka menandatangani nota kesepahaman kerjasama untuk mengembangkan Usaha Kecil Mikro (UKM) diberi nama Meambo Mart.
Bisnis UKM Meambo Mart metode bisnisnya adalah sisitim berbagi sepenuhnya dikelolah oleh Managemen Koperasi.
Hal itu dijelaskan oleh Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan UKM Dinas Koperasi Suyanti Suadi kepada media ini usai melakukan penandatanganan kerjasama Dinas Koperasi dan Kadin Kolaka dalam mengembangkan UKM Meambo Mart kemarin.
Penandatanganan kerjasama dilakukan oleh Nyoman Suastika selaku Kadis Koperasi dan Gunsyar Guntur selaku Ketua Kadin Kolaka.
Suyanti yang didampingi Kadis Koperasi dan Ketua Kadin Kolaka menjelaskan bahwa tujuan dibentuknya UKM Meambo Mart disetiap kecamatan adalah memasarkan serta mempromosikan semua produk-produk Kolaka.
“Yang jelas di Meambo Mart adalah wadah untuk memasarkan semua produk Kabupaten Kolaka,”ungkap Suyanti.
Dikatakannya bahwa selama ini produk-produk dari Kolaka permasalahannya adalah masalah kemasan dan pemasaran serta kurangnya promosi. Dengan melalui pengembangan UKM Meambo Mart ini semua produk-produk asli Kolaka bisa dipasarkan serta dipromosikan melalui Meambo Mart.
“Saat ini produk ungulan Kolaka adalah gula semut selain coklat dan madu hutan, “jelas Suyanti.
Produk coklat selama ini sudah dikembangkan di Malaha Kecamatan Samaturu dan Kampung Coklat Kecamatan Kolaka.
“Dan produk ini sudah sering dipamerkan melalui kegiatan Apkasi,”kata Suyanti.
Lanjutnya selama ini produk madu hutan Kolaka sudah dikenal ditingkat nasional. Madu hutan Kolaka lebih berkualitas dengan produk madu daerah lain.
“Kualitas madu hutan Kolaka lebih unggul dengan produksi madu daerah lain,”ujar Suyanti.
Sementara Kadis Koperasi menambahkan bahwa dari sisi bisnis keberadaan Meambo Mart tidak akan mematikan bisnis yang sudah ada tetapi justru saling menunjang. Karena Meambo Mart ini dikelola langsung oleh Managemen Koperasi dengan pola keuntungan sisitim berbagai.
“Untuk itu melibatkan semua pihak terkait, mulai dari pemilik tempat untuk dijadikan usaha, pemilik modal, dan siapa saja bisa memasukkan modalnya makanya hasil keuntungannya dengan sistim berbagi, “kata Nyoman mencontohkan.
Pada prinsipnya kata Nyoman Meambo Mart ini sepenuhnya dikelolah oleh Koperasi, pihak dinas dan Kadin selalu pengawas serta melakukan pembinaan serta memberikan edukasi cara managemen pengembangan usaha.
“Jadi Meambo Mart ini bukan hanya dikembangkan di Kolaka tetapi seluruh daratan Sulawesi Tenggara, disesuaikan dengan kearifan lokal masing-masing daerah,”kata Kadis Koperasi juga mantan Kadis Kominfo Pemda Kolaka.
(redaksi)

error: @mercyfmkolaka