News

Disbun Remajakan Sawit Seribu Hektare


KOLAKA,realitasultra.co.id—
Dinas Perkebunan dan Peternakan Kab Kolaka melakukan peremajaan Kelapa Sawit seluas seribu hektare. Ungkap Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kab Kolaka Hasbir Jaya Razak kepada media ini di ruang kerjanya pada(9/10/2019).
Dikatakannya bantuan kepada petani kelapa sawit yang lahan sawitnya sudah tidak produktif lagi, alokasi anggarannya dari Kementerian Keuangan RI melalui Badan Pengelolah Dana Peremajaan Kelapa Sawit.
Setiap hektare lahan sawit petani pengelolaannya diberikan biaya sebesar Rp 25 juta, termasuk pemberian pupuk, benih, biaya pemeliharaan dan biaya penanaman.
“Jadi setiap hektarenya lahan sawit petani diberikan anggaran sebesar Rp 25 juta, biaya penanaman, pemeliharaan, pemberian benih dan pupuk. Bibit yang dibeli itu harus bersertifikasi,”ungkap Hasbir mantan Kadispora Kolaka.
Dikatakannya bahwa setelah dilakukan penentuan Calon Petani Calon Lahan (CPCL), setiap kelompok maka selanjutnya diberikan pelatihan bimbingan teknik pelaksanaan peremajaan kelapa sawit.
“Jadi setelah penentuan Calon CPCL selanjutnya diberikan bimbingan teknik pelaksanaannya di lapangan diawasi langsung oleh instansi teknik. Begitupun menyangkut masalah anggarannya langsung ditransfer di bank melalui rekening masing-masing petani,”kata Hasbir.
Pelaksanaan teknis di lapangan kata Kadis itu melalui tiga tahap, yaitu tahap pertama seluas 200 hektare, tahap kedua seluas 350 hektare dan tahap ketiga 450 hektare.
Program ini semuanya di wilayah selatan di Kecamatan Polinggona, Toari dan Tanggetada. Dan hanya dua kabupaten di Sulawesi Tenggara yang memperoleh program ini yakni Kab Kolaka dan Konawe Utara,”ungkap Hasbir.
(redaksi)

error: @mercyfmkolaka