News

Dirjen Kementerian Pertanian Kunker ke Kolaka

Foto Bersama Dirjen Kementan


KOLAKA,realitasultra.co.id—-
Direktur Jendral Pembibitan dan Produksi Ternak Kementrian Pertanian Republik Indonesia Ir Sugiono MP, berkunjung ke Kecamatan Toari Kabupaten Kolaka (Kamis, 29/8/2019). Kunjungan Kerja (Kunker) ini tak lain untuk melaksanakan peninjauan pengembangan ternak sapi hasil Inseminasi Buatan (IB).

Kegiatan yang berlangsung di Lapangan Tanduale Desa Lakito ini di hadiri Oleh Bupati Kolaka H Ahmad Safei beserta  Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA), Jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD), serta unsur Musyawarah Pimpinan Kecamatan (MUSPIKA) Kecamatan Toari, Kecamatan Watubangga, Kecamatan Tanggetada, dan Kecamatan Polinggona beserta para Kepala Desa, serta Pimpinan Instansi Unit Pelayanan Teknis Dinas (UPTD) Kecamatan.

Dirjen Pembibitan Dan Produksi Ternak Kementrian Pertanian Republik Indonesia Ir Sugiono MP, memberikan sambutan saat membuka pertemuan ini mengatakan, bahwa Peternak sapi di kecamatan Toari ini dikategorikan berhasil mengembangkan ternaknya, sebab di musim kemarau saat ini ternaknya tumbuh stabil dan gemuk, ” tadi Saya sudah bincang – bincang dengan petani ternak, dan ternyata rata-rata peternak memiliki lokasi penanaman rumput gajah yang menjadi persiapan pakan ternak,” Ungkapnya.

Satu hal yang menjadi keunggulan peternak sapi di daerah ini ketersediaan pakannya, dibandingkan dengan beberapa daerah lainnya adalah jika musim kemarau susah mendapatkan pakan ternak sehingga ternak sapi menjadi kurus.

“Apresiasi terhadap peternak sapi di Kecamatan Toari yang telaten merawat ternak dengan menanam rumput, sebab di daerah Jawa sapinya makan ayam, karena peternak menjual ayam untuk membeli rumput, ” katanya.

Dirjen pun mengapresiasi terhadap petugas peternakan yang bertugas sebagai penyuluh yang juga telah menjadi dokter yang baik terhadap proses kawin silang Inseminasi Buatan (IB) serta memantau pertumbuhan ternak sapi di Kecamatan Toari, di sela –sela menutup sambutannya Dirjen berjanji akan mendatangkan bantuan tambahan sperma untuk suntikan kawin silang serta bantuan ternak sapi terhadap masyarakat.

dalam Kesempatan Selanjutnya Bupati Kolaka, mengatakan bahwa produksi atau populasi ternak sapi di kabupaten Kolaka tahun 2019 kali ini sebanyak 29000 dan endemik ternak sapi terbanyak berada di Kecamatan Toari Dan Watubangga,
“Semoga perkembangan ternak sapi di kabupaten Kolaka akan lebih bertambah mencapai seratus ribu dalam tiga atau empat tahun mendatang, karena dilihat dari adanya proses Inseminasi Buatan khusus Desa Lakito berhasil dan Pemerintah Kolaka akan menggenjot proses seperti ini di Kecamatan lainnya, “tutupnya.

Rangkaian kunjungan ini disertai dengan kegiatan Kontes ternak sapi dan pencanangan kampung Inseminasi Buatan, pencanangan sumber bibit Kambing Etawa Kecamatan Toari, ditandai dengan penandatanganan oleh Dirjen Ir Sugiono MP dan Bupati Kolaka H Ahmad Safei. dan berakhir dengan penyerahan hadiah bagi pemilik ternak yang mendapat juara kontes penilaian pertumbuhan ternak sapi.
(Melky/Redaksi)

error: @mercyfmkolaka