News

Dinas PMD Gelar Workshop BID

KOLAKA,realitasultra.co.id—Dinas Pemerintahan Masyarakat Desa(PMD) Kab Kolaka menggelar workshop Bursa Inovasi Desa(BID).
Acara berlangsung di aula Kecamatan Watubangga baru-baru ini dibuka oleh Kepala Dinas PMD Kab Kolaka Akbar, didampingi Camat Watubangga Muh Rusdi dan Camat Toari Sabaruddin.
Terselengaranya Kegiatan workshop ini atas kerjasama Tim Inovasi Kabupaten(TIK), Tim Pelaksana Inovasi Desa(TPID) di Kecamatan para pendamping Desa dan Dinas PMD Kolaka.
Workshop dihadiri oleh para Kepala Desa(Kades), Lembaga Pemberdayaan Masyarakat(LPM), Badan Pemerintahan Desa(BPD), serta Kepala Puskesmas Kecamatan Watubangga dan Kecamatan Toari.
Dalam kesempatan itu Kadis PMD Kab Kolaka Akbar, mengungkapkan bahwa Program Inovasi Desa(PID) dilaksanakan dalam rangka meningkatkan efektivitas pemanfaatan Dana Desa, juga merupakan program Pemerintah Pusat melalui Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi(Kemendesa PDTT).
“Jadi kehadiran para kades, BPD, dan LPM agar terjadi sinkronisasi dalam setiap usulan kegiatan inovasi Desa. Mendorong peningkatan kualitas pemanfaatan Dana Desa, dengan memberikan banyak referensi dengan harapan mampu memantik kreativitas Desa dalam mengoptimalkan berbagai potensi yang dimiliki,”jelas Akbar.
Lanjut Akbar adanya BID membuat Pemdes memiliki referensi dalam merencanakan dan menjalankan pembangunan desa serta menggunakan Dana Desa(DD) secara optimal, Inovatif dan berkualitas.
Zulkilfli salah satu pendamping kecamatan memaparkan tata cara dalam belanja desa dalam bursa yang telah disiapkan oleh panitia dapat memilih berbagai Inovasi yang berpotensi di masing-masing Desa selanjutnya akan dianggarkan melalui Dana Desa pada anggaran tahun 2020 mendatang.
“Jadi Kades, BPD mauoun LPM bebas memilih inovasi apa saja dalam bursa yang telah terpampang dapat dikembangkan di Desanya masing-masing erat kaitannya dengan potensi desa seperti bidang infrastruktur, kewirausahaan dan Sumber Daya Manusia,”kata Zulkifli.(melky/redaksi)

error: @mercyfmkolaka