News

Di Kolaka Enam TPS Dilakukan PSU

Foto Ketua KPU Kamal Baddu

KOLAKA,REALITA.co.id—Berdasarkan Keputusan KPU Kolaka nomor 324/PL.01.7-Kpt/7401/KPU-Kab/IV/2019 tentang penetapan Pemungutan Suara Ulang(PSU) di enam TPS dalam pemilihan umum tahun 2019, akan dilaksanakan pada tanggal 27 April 2019 mendatang.

Enam TPS yang akan dilakukan PSU diantaranya TPS 1 di Kelurahan Watuliandu Kecamatan Kolaka akan dilakukan PSU untuk Presiden dan Wakil Presiden.

Masih dalam wilayah Kecamatan Kolaka yakni Kelurahan Laloeha pada TPS 14 dilakukan PSU untuk Pilpres, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten Dapil 1.

Kecamatan Latambaga Kelurahan Sakuli pada TPS 5 dilakukam PSU untuk Pilpres, DPR RI dan DPD.

Di Kecamatan Wundulako Desa Sabiano TPS 4 dilakukan PSU khusus untuk DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten Dapil 2.

Kecamatan Pomalaa Desa Pesouha pada TPS 6 dilakukan PSU untuk Pilpres, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten Dapil 2.

Di Kecamatan Toari Desa Ranomentaa pada TPS 1 dilakukan PSU khusus untuk Pilpres.

Ketua KPU Kolaka Kamal Baddu yang dikonfirmasi media ini terkait penyebab dilakukannya PSU mengatakan salah satu penyebab dilakukannya PSU karena adanya pelanggaran dilakukan oleh warga dengan cara mencoblos lebih dari satu kali di TPS yang berbeda serta pelanggaran lainnya.

“Jadi salah satu pelanggaran dalam pemilihan umum adanya masyarakat melakukan pencoblosan lebih dari satu kali di TPS yang berbeda serta sejumlah pelanggaran lainnya yang dilaporkan oleh Panwaslu,”ungkap Kamal.

Kamal menambahkan dilakukannya PSU setelah adanya kesepakan dengan pihak Pemda Kolaka diwakili Asisten I, H Bakri, Pihak TNI/Polri dan KPU untuk menetapkan jadwal PSU.

“Jadi tenggang waktu dilakukan PSU yaitu 10 hari setelah usai dilakukan pemilihan, berarti nanti pada tanggal 27 April 2019 waktunya dilakukan PSU,”ujar Kamal.(redaksi)

error: @mercyfmkolaka