News

Desa Langgosipi Genjot Jalan Usaha Tani

KOLAKA,realitasultra.co.id—Pemerintah Desa(Pemdes) Desa Langgosipi Kecamatan Watubangga menggenjot pembangunan infrastruktur jalan usaha tani.
Kepala Desa(Kades) Langgosipi Johan Sendiang ditemui media ini mengungkapkan dengan pencairan tahap pertama Dana Desa(DD) sebesar 20 persen, dimanfaatkan untuk menggenjot perampungan pembangunan pekerjaan pisik jalan usaha tani dengan volume mencapai 2.100 meter.
Dikatakannya pembangunan jalan usaha tani ini merupakan skala prioritas yang diusulkan oleh masyarakat tertuang dalam APBDes tahun anggaran 2019 yang ditiga titik.
Dikatakannya selain pekerkaan perkerasan jalan usaha tani, pihaknya juga telah mengangarkan pemberdayaan masyarakat desa seperti halnya pengadaan bahan bedah rumah tidak layak huni sebanyak 23 rumah. Hal itu mengacuh pada masing-masing kebutuhan warga.
“Jadi program bedah rumah tidak layak huni sesuai dengan kebutuhan warga penerima bantuan, sepeti semen, pasir, casiboard serta papan dan atap seng termasuk bantuan ternak berupa Sapi,”kata Johan.
Sementara Ketua BPD Desa Longgosipi Bakri juga mengungkapkan semua aparat desa serta warga terlibat langsung dalam pengawasan setiap progam pembangunan Desa Longgosipi.
“Jadi semua pekerjaan bersumber dari Dana Desa maupun Alokasi Dana Desa dilaksankan oleh masyarakat Desa Longgosipi, beserta aparat desa, Kades hanya melakukan pengawasan saja,”kata Bakri.
Kepala Dusun II Samsir, mengapresiasi pelaksanaan pekerjaan jembatan penghubung semi permanen antara Dusun II dan Dusun III serta jembatan semi permanen juga menghubungkan antara Desa Longgosipi dan Desa Rahabite.
“Jembatan ini adalah akses yang dilalui petani, dulunya rusak parah tapi sekarang sudah bisa dilalui kendaraan motor,”kata Samsir.(melky/redaksi).

error: @mercyfmkolaka