News

Bupati Terima Aksi Forum Pemerhati Cengkeh


KOLAKA,realitasultra.co.id—Bupati Kolaka H Ahmad Safei didampingi Komisi II DPRD Kolaka serta sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah Pemda Kolaka menerima Forum Pemerhati Cengkeh Kab Kolaka melakukan aksi unjuk rasa di depan Kantor Bupati Kolaka pada(19/8/2019).
Massa forum pemerhati cengkeh yang diterima Bupati di ruang kerjanya terkait masalag harga cengkeh semakin fluktuatif sehingga sangat merugikan petani cengkeh.
Kordinator forum Fajar Malik dihadapan Bupati meminta agar mengeluarkan suatu aturan untuk menetapkan harga cengkeh.
Sementara Bupati Kolaka menyampaikan bahwa terkait masalah harga penetapan harga cengkeh itu adalah kewenangan dari Kementrian Perindustrian.
“Jadi masalah penetapan harga Pemda tidak memiliki kewenangan tetapi itu adalah haknya Kementrian Perindustrian,”ungkap Safei juga Ketua Assosiasi Pengusaha Cengkeh Sultra.
Selain itu forum juga meminta agar memanfaatkan Badan Usaha Milik Daerah(BUMD) Perusahaan Daerah(PD) Aneka Usaha milik Pemda Kolaka diberikan kewenangan ntuk mengambil alih pembelian cengkeh.
Forum yang dikordinir oleh Fajar Malik menilai bahwa dengan kewenangan yang diberikan kepada PD Aneka Usaha dalam hal pembelian cengkeh di Kab Kolaka maka tentunya dari sisi harga tidak merugikan petani serta dapat menciptakan perluasan lapangan kerja bagi perusahaan daerah.
Meski demikian kata Bupati terkait hal itu bahwa Perusda tidak memiliki dana bilamana ingin membeli cengkeh. Apakah pihak perbankkan mau memberikan kredit kepada Perusda untuk bisa membeli cengkeh petani semua.
“Itu resikonya terlalu besar bilamana Perusda mau membeli cengkeh petani semua,”kata Bupati.(redaksi)

error: @mercyfmkolaka