NewsNews

BPS Sosialisasi SP2020


KOLAKA,realitasultra.co.id—
Badan Pusat Statistik (BPS) Kolaka melaksanakan rapat kordinasi dengan Pemda Kolaka sekaligus melakukan sosialisasi Sensus Penduduk tahun 2020 (SP2020) di buka secara resmi oleh Bupati Kolaka Ahmad Safei di Aula Sasana Praja Pemda Kolaka kemarin.
Rapat kordinasi ini dihadiri oleh Sekda Kab Kolaka Poitu Murtopo, unsur Forkopimda, Ketua Pengadilan Negeri yang mewakili, Ketua Pengadilan Agama Kolaka, para camat se Kab Kolaka dan undangan.
Acara ini ditandai dengan penandatanganan piagam dukungan pelaksanaan SP2020 dari Pemerintah Kab Kolaka oleh Bupati Kolaka, Sekda Kolaka, Forkopimda, yang mewakili Ketua Pengadilan Negeri, yang mewakiliKetua Pengadilan Agama Kolaka dan para camat se Kab. Kolaka.
Dalam kesempatan itu Safei mengungkapkan dalam melaksanakan tanggung jawab Negara memerlukan dasar dalam menentukan kebijakan untuk mewujudkan kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia.
Dikatakannya, BPS merupakan lembaga pemerintah yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden, memiliki tanggung jawab melaksanakan amanat undang-undang yaitu menyediakan data dan informasi statistik dasar.
Yang dibutuhkan oleh pemerintah sebagai dasar kebijakan yang relevan dengan kondisi sosial ekonomi penduduknya, sesuai dengan amanat Undang-Undang.
BPS akan melaksanakan sensus penduduk pada tahun 2020 diseluruh wilayah Negara Indonesia secara serentak.
“SP2020 ini merupakan sensus ketujuh secara nasional, berbeda dengan sensus sebelumnya,”ungkap Safei.
Dikatakannya bahwa SP2020 ini BPS menerapkan metode kombinasi, yaitu sensus yang menggunakan data Disdukcapil sebagai basis data dasar penduduk dalam pelaksanaannya.
Metode pengumpulan data yang dilakukan oleh BPS menggunakan dua cara yaitu sensus penduduk secara online yang akan dilaksanakan pada tanggal 15 Februari sampai 31 Maret 2020 mendatang dan juga sensus penduduk wawancara yang dilaksanakan pada tanggal 1 sampai 31 Juli tahun 2020 mendatang.
Bupati juga mengapresiasi dan rasa terima kasih kepada seluruh pihak terkait sehingga rakordis dan sosialisasi SP2020 ini bisa berjalan dengan baik sesuai harapan.
Bertindak selaku narasumber Bupati Kolaka diwakili oleh Sekda Kolaka Poitu Murtopo, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Muh Bakri, Kepala Dinas Disdukcapil Kolaka Abdullah dan Kepala BPS Ade Ida Mane.
(redaksi)

error: @mercyfmkolaka