News

Herman Syahruddin; Benahi Lingkungan Perlu Kolaborasi

KOLAKA,REALITA—-Membenahi lingkungan hidup tidak cukup hanya bisa diurus oleh salah satu instansi saja tetapi perlu kolaborasi antara instansi dan peranan masyarakat. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kolaka Dwi Dharma saat meninjau semua drainase dan selokan yang tersumbat sehingga air tidak dapat mengalir dengan lancar.
Kepala Dinas PU Kolaka Dwi Dharma bersama Ketua LPM Kel. Lamokato Herman Syahruddin juga Ketua Lider Sultra telah meninjau sejumlah drainase dan selokan di Jalan Pramuka dan Jalan Khairil Anwar Kolaka.
Hasil peninjauan lapangan mulai dari selokan jalan Khairil Anwar kiri terjadi pendangkalan. Secara teknis Kadis PU menjelaskan sejumlah selokan sudah terjadi pendangkalan sehingga air yang mengalir tidak lancar. Mengapa tidak lancar karena drainase yang ada perempatan Khairil Anwar dan Jalan Pramuka terjadi penyembatan sehinga ketika hujan turun air tidak lancar mengalir.
“Sehingga mengakibatkan terjadinya genangan air di beberapa tempat khususnya di jalan Konggoasa. Tetapi setelah beberapa jam genangan air akan surut, meskipun airnya tidak lancar mengalir karena drainase sudah terjadi penyempitan,”jelas Dwi.
Fakta lapangan terjadinya penyumbatan pada drainase yang ada di sekitar jalan Pramuka dan Khairil Anwar ada beberapa faktor, yaitu banyak sampah yang menumpuk, sebagai salah satu penyebab air tidak lancar mengalir. Selain itu jaringan kabel maupun pipa PDAM Kolaka yang tidak tertata dengan baik menjadi salah satu penyebab terjadinya penyumbatan drainase.
“Karena sampah-sampah yang dialirkan oleh air semuanya tersangkut pada pipa PDAM dan kabel jaringan telepon sehingga terjadi tumpukan pada drainase menjadi penyebab tersumbatnya drainase sehingga air tidak bisa mengalir dengan lancar,”ujar Kadis PU dilapangan.
Dikatakannya bahwa dalam membenahi lingkungan dengan baik tidak bisa hanya ditangani oleh salah satu instansi saja, tetapi perlu kolaborasi dengan sejumlah instansi mulai dari Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Lingkungan Hidup, PDAM Kolaka dan Telkom serta peranan dari masyarakat agar jangan membuang sampah sembarangan.
“Jadi kalau semua instansi terkait ini ada kolaborasi dengan baik, maka tidak akan terjadi genangan air disejumlah pemukiman masyarakat bilamana hujan turun. Meski demikian harus ada kesadaran dari masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan,”ujarnya.
Sementara Ketua LPM Lamokato Herman Syahruddin turut menyaksikan langsung di lapangan terkait permasalahan terknik mengakibatkan terjadinya genangan air di pemukiman penduduk ketika hujan turun.
“Jadi kalau kita melihat kondisi riel di lapangan begitu banyak faktor teknis menyebakan terjadinya banjir ketika hujan turun. Memang perlu kerjasama semua instansi terkait termasuk PDAM dan Telkom bagaimana semua perpipaan dan kabel Telkom dibenahi dengan baik agar tidak menghalangi sampah yang dialirkan air . Selain itu perlunya kesadaran kita semua sebagai masyarakat agar jangan membuang sampah sembarangan. Apalagi kalau selokan itu dijadikan tempat membuang sampah. Nanti kalau banjir Pemerintah lagi yang disalahkan pada hal kita sendiri yang menyebabkan banjir itu datang,”tutup Herman.(redaksi)

error: @mercyfmkolaka