News

Bangun Infrastruktur, Kades Lakito Gunakan Sistem Padat Karya

Foto Kepala Desa Lakito bersama jajaran


KOLAKA,realita sultra.co.id—
Desa Lakito Kecamatan Toari Kabupaten Kolaka(Sultra), pada tahap pertama dan kedua pencairan Dana Desa(DD) sesuai dengan progres yang tercantum pada APBDdes.

Itu sesuai usulan musyawarah tingkat dusun dan desa, sudah menyelesaikan pekerjaan pisik peningkatan infrastruktur diantaranya pembangunan jalan desa menghubungkan antar Dusun IV dan Dusun II, pembangunan talub lapangan desa, pembangunan rabat beton Dusun I, serta pengadaan enam unit lampu penerangan jalan desa.

Hal itu diungkapkan Kades Lakito Sukirman didampingi beberapa aparatnya ditemui media ini diruang kerjanya kemarin.
Dikatakannya untuk pekerjaan fisik infrastruktur telah dikerjakan sesuai prosedur dengan sistem padat karya.

“Semua fisik pekerjaan dikerjakan oleh warga Desa Lakito, sebab kita memang harus berdayakan masyarakat yang mau bekerja mengacuh pada sistem padat karya tunai,”ungkapnya.

Dikatakannya bahwa tahun 2019 berjalan ini, Pemdes Lakito juga menganggarkan pembangunan sanggar PKK yang pekerjaannya juga sementara berjalan.
“Bangunan sanggar PKK ini dianggarkan melalui sumber Alokasi Dana Desa(ADD) Kabupaten Kolaka,”kata Sukirman.

Ditambahkannya, bahwa semua pekerjaan baik itu DD maupun ADD, pengawasannya melibatkan semua aparat desa serta Badan Permusyawaratan Desa(BPD).

“Semua aparat desa diwajibkan untuk mengawasi dan memantau pekerjaan fisik maupun non fisik, agar penggunaan DD bisa maksimal,”katanya

Diketahui DD Lakito tahun 2019 penerimaannya sebesar Rp 887 juta yang dicairkan tiga kali tahapannya.
(melky/redaksi)

error: @mercyfmkolaka