News

Abas ; Rutan Kolaka Over Kapasitas

Kepala Rutan Klas IIB Kolaka Abas

KOLAKA,REALITA—Kepala Rumah Tahanan(Rutan) Klas IIB Kolaka Abas, yang ditemui media ini kemarin di ruang kerjanya dikonfirmasi terkait kondisi dan kapasitas daya tampung di dalam Rutan.

Abas menjelaskan bahwa bilamana berbicara masalah kapasitas dan kondisi daya tampung Rutan Kolaka, sudah sangat-sangat over kapasitas.

“Daya tampung Rutan Kolaka ini sudah sangat-sangat over kapasitas,”jelas Abas sambil mengulang-ulang kata over kapasitas.

Abas menguraikan bahwa saat ini Rutan Kolaka sudah menampung sebanyak 405 orang, sementara idelnya Rutan Klas IIB Kolaka ini hanya dapat menampung 150 orang Narapidana(Napi) dan tahanan.

“Idealnya Rutan Klas IIB Kolaka ini hanya dapat menampung sebanyak 150 rang saja, tetapi kondisinya seperti ini ya, harus diterima,”ujar Abas.

Lanjutnya bahwa dari 405 orang yang ada dalam Rutan ini, ada 218 orang statusnya Napi yakni pria 203 orang dan wanita 15 orang.
Sementara yang lainnya adalah titipan tahanan Kepolisian, Kejaksaan dan Pengadilan Negeri.

“Jadi per 12 April 2019 binaan Rutan Kolaka sebanyak 218 orang statusnya sudah napi dan selebihnya adalah status tahanan titipan. Kasus hukum yang menjerat mereka(napi) adalah lebih dominan kasus narkoba, pelecehan, perkelahian dan penganiayaan juga cukup tinggi,”kata Kepala Rutan Abas.

Dikatakannya dari 405 penghuni Rutan Kolaka bukan hanya warga Kolaka saja tetapi juga dari Kolaka Utara(Kolut), dan Kolaka Timur(Koltim), secara khusus napi yang terjerat kasus narkoba didomonasi oleh warga Kolut.

“Kasus narkoba rata-rata didominasi oleh usia produktif,”kata Abas.

Dari segi pembinaan rohani bagi para napi dan tahanan yang beragama Islam, pihak Rutan bekerjasama dengan Majelis Taklim BMKT asuhan Hj Herty Safei. Sementara yang Nasrani setiap Minggu dilayani oleh pendeta dari denomonasi gereja.

Sementara pembinaan dalam memberikan keterampila seperti keterampilan perbengkelan, pertukangan, las, menjahit, dan sablon, melakukan kerjasama dengan pihak Balai Latihan Kerja(BLK) Pemda Kolaka.

“Jadi kami baru mengajukan lagi permohonan kepada pihak Nakertrans untuk kerjasamanya dalam memberikan pembinaan keterampilan kepda warga binaan Rutan Kolaka,”kata Abas.(redaksi)

error: @mercyfmkolaka