News

30 Kursi DPRD Kolaka Diperebutkan 370 Caleg

Rismansyah salah satu Caleg PPP dapil. 4 kab. Kolaka

KOLAKA,REALITA—Pemilihan Umum(Pemilu) tinggal 14 hari lagi akan dilaksanakan tepatnya pada 17 April 2019 mendatang. Untuk memilih pemimpin bangsa lima tahun kesepan. Serta memilih anggota DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten untuk mewakili rakyat duduk di kursi parlemen.

Secara khusus pada pemilihan anggota DPRD Kabupaten Kolaka periode 2019-2024 berdasarkan data dari KPU Kolaka, Calon Legislatif(Caleg) yang akan berkompetisi memperebutkan 30 kursi di DPRD Kolaka sebanyak 370 orang Caleg.

“Jadi ada 370 caleg yang akan memperebutkan 30 kursi di DPRD Kolaka periode 2019-2024,”ungkap Kepala Bagian Hukum KPU Kolaka Baharuddin kepada realita baru-baru ini.

Dikatakannya Pilcaleg terdiri dari empat Daearah Pemilihan(Dapil). Dapil I meliputi Kecamatan Kolaka dan Kecamatan Latambaga dengan jatah sembilan kursi, Dapil II juga sembilan kursi. Sementara Dapil III dan Dapil IV masing-masing enam kursi.

Sementara 30 orang anggota DPRD Kolaka masa periodenya akan berakhir pada Oktober 2019 mendatang, ada yang sudah tidak maju lagi menjadi Caleg, tetapi ada juga menjadi Caleg DPRD Provinsi, seperti halnya Ketua DPRD Kolaka Parmin Dasir kini menjadi Caleg DPRD Provinsi, sementara Wakil Ketua DPRD Kolaka Sudirman sudah tidak maju lagi sebagai Caleg.

Hasil pantauan media ini dari 370 daftar Caleg sudah ada dua caleg yang sudah meninggal dunia yaitu satu orang dari Caleg PDIP Dapil I dan Caleg dari PAN Dapil II. sementara partai yang ikut dalam pemilu ada 16 partai, sesuai nomor urut yaitu 1.PKB, 2.Gerindra, 3.PDIP, 4.GOLKAR, 5. Nasdem, 6. Partai Garuda, 7. Partai Berkarya, 8. PKS, 9. Perindo, 10. PPP, 11.PSI, 12.PAN, 13.Hanura, 14. Demokrat , 19. PBB, 16. PKPI .

Pada Dapil 2, 3 dan 4 Partai Berkarya tidak memiliki Caleg, termasuk Partai PSI tidak memiliki Caleg. Sementara Partai PKPI pada Dapil I tidak memiliki Caleg.(redaksi)

error: @mercyfmkolaka