News

135 Binaan Rutan Kolaka Peroleh Remisi

Foto Sekda Kolaka


KOLAKA,realitasultra.co.id—Perayaan Hari Ulang Tahun(Hut) Republik Indonesia(RI) ke-74 memberikan kebahagiaan tersendiri bagi 135 warga binaan Rumah Tahan(Rutan) Klas IIB Kolaka. Hal itu diungkapkan Kepala Rutan Klas IIB Kolaka Abas dikonfirmasi media ini melalui selularnya(17/8/19).

Abas menjelaskan dari 135 warga binaan ada 134 memperoleh Remisi Umum Satu(RU1) dan satu orang memperoleh Remisi Umum Dua(RU2) langsung bebas.

“Jadi dari 135 ada satu orang yang memperoleh remisi langsung bebas,”jelas Abas.

Dikatakannya penyerahan remisi kepada warga binaan yang dilakukan oleh Sekda Kolaka H Poitu Murtopo berdasarkan Surat Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia(Menkumham) Republik Indonesia(RI) nomor : PAS-984 PK. 01.01.02 tahun 2019 pada saat pelaksanaan upacara Hut RI ke-74 berlansung di halaman Rutan Kolaka pada(17/8/19).

Pada kesempatan itu Poitu mengungkapkan bahwa tema kemerdekaan RI tahun ini adalah SDM unggul Indonesia maju sangatlah tepat jika dikaitkan dengan kondisi bangsa Indonesia saat ini yang sedang mencurahkan semua potensi dan sumber daya menuju Indonesia emas tahun 2045.

“Saya atas nama Pemda Kolaka memberikan remisi umum, khusus Rutan Klas ll B Kolaka kepada 135 Orang narapidana. Remisi ini diberikan kepada mereka yang telah memenuhi persyaratan dengan berkelakuan baik dan telah menjalani masa pidana sesuai dengan yang ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan.

Dikatakannya tujuan remisi sebagai bentuk motivasi dan kesempatan kepada narapidana dan anak yang berkonflik dengan hukum (ABH), untuk mendapatkan kesejahteraan sosial, pendidikan, keterampilan guna mempersiapkan diri ditengah masyarakat, mendorong peran serta masyarakat secara aktif serta mendukung penyelenggaraan sistem pemasyarakatan,”kata Poitu.

Dihadiri Asisten I setda Kolaka H Muh Bakri, Kepala Rutan Kolaka Abas, unsur Forkopimda dam sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah(OPD), unsur pimpinan DPRD, Kepala BUMN dan BUMD Kab Kolaka, tokoh agama, tokoh pemuda dan undangan.

Sementara data yang diperoleh media ini napi yang memperoleh remisi dalam perayaan Hut RI ke-74 tahun 2019 se Sultra berjumlah 1.327 orang.(redaksi)

error: @mercyfmkolaka